Rabu, 30 Desember 2009

PERILAKU KONSUMEN ( PERSEPSI KONSUMEN )


DOSEN : Yanti Budiasih

Nama : Anshar Patria
NPM : 10207143
Kelas : 3 EA 06
Topik : Persepsi Konsumen


Analisis Posisi Operator CDMA berdasarkan Persepsi Konsumen (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Lambung Mangkurat

Abstrak :
Akibat kemajuan teknologi komunikasi dalam era globalisasi yang semakin nyata dirasakan pengaruhnya adalah semakin mudahnya pemenuhan kebutuhan manusia dalam hal berkomunikasi. Hal ini ditandai pula dengan persaingan yang semakin ketat dalam industri telekomunikasi, khususnya dalam industri telekomunikasi.seluler prabayar yang dirasakan praktis dalam penggunaannya
Dari 10,7 juta pelanggan telepon seluler di Indonesia yang tercatat tahun 2002, 98% merupakan pengguna system GSM dan selebihnya adalah pelanggan telepon seluler dengan teknologi AMPS, CDMA, GSM Satellite, dan teknologi seluler lainnya. Namun kehadiran teknologi Code Division Multiple Access (CDMA) jelas mempunyai andil besardalam menggairahkan bisnis telekomunikasi di tanah air saat ini. Setelah sebelumnya hiruk-pikuk persaingan bisnis telekomunikasi lebih banyak diwarnai sengitnya pertempuran antar operator Global System for Mobile Communication (GSM), kini persaingan yang ketat juga terjadi di segmen CDMA.
Perubahan-perubahan yang terjadi dengan amat cepat dan persaingan ketat dalam bisnis penyediaan jasa (operator) telepon seluler menuntut perusahaan yang ingin bertahan dan unggul dalam persaingan untuk menjual produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Perusahaan-perusahaan tersebut hams mengeatahui apa yangkonsumen harapkan dan sejauh mana perusahaan telah mampu memenuhinya. Agar dapat melayani kebutuhan mereka secara lebih fokus perlu dilakukan analisissegmentasi pasar dengan tepat. Perusahaan yang menjadi objek penelitian yangdilakukan di lingkup kota Bandung ini adalah operator seluler GSM prabayar Simpati, Mentari, XL Bebas, serta operator seluler CDMA Telkom Flexi. Pemilihan merek-merek tersebut di atas dilakukan atas dasar besarnya pangsa pasar yang mereka miliki dalamindustri telekomunikasi seluler prabayar di Indonesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut-atribut jasa layanan komunikasi seluler prabayar, mengetahui tingkat kepentingan dan kepuasan konsumen terhadap produk jasa layanan komunikasi seluler prabayar serta kesenjangannya, mengetahui perbandingan preferensi (penilaian) pelanggan terhadap produk-produk jasa layanan komunikasi seluler prabayar berbasis GSM dan CDMA, serta mengetahui segmentasi pasarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar